Teknologi

Awas! Klik Teks Ini Langsung Hancurkan Perangkat Apple Anda

Kembali kabar kurang sedap menghembus ke Apple. Kali ini seorang peneliti keamanan mengungkap bahwa sebuah “bom teks” bisa “menghancurkan” komputer iPhone atau Apple manapun.

Menurut periset keamanan, cara kerja “bom teks” ini adalah pesan teks yang dikirm baik ke telepon atau ke komputer Apple, berisi link yang terhubung ke kode bug. Ketika itu terjadi, perangkat Mac atau iOS yang menerimanya akan mogok dan mungkin perlu restart.

Ini bukan pertama kalinya iPhone ditemukan rentan terhadap pesan teks yang bisa menyebabkan kerusakan. Meskipun masalahnya bukan masalah keamanan hal sensitif di telepon dan tidak mematahkannya secara permanen, hal itu tetap dapat mengganggu dan mengkhawatirkan siapapun yang menerimanya.

Pengembang perangkat lunak Abraham Masri awalnya memposting link ke kode pada situs pemrograman GitHub namun telah menghapusnya.

“Saya membuat poin saya, Apple perlu menganggap bug semacam itu dengan lebih serius,” katanya

Dia mengatakan bahwa dia telah melaporkan bug tersebut kepada Apple sebelum merilisnya secara online, namun penghapusannya berarti pesan jahat tidak dapat lagi dikirim untuk menghubungkannya.

Raksasa teknologi tersebut belum berkomentar mengenai masalah ini.

Cacat tersebut dinamai ChaiOS , sebuah permainan kata-kata kekacauan dan iOS, sistem operasi mobile Apple. Namun, dianggap oleh pakar keamanan sebagai “gangguan” daripada berbahaya.

Pakar industri Graham Cluley berkata, “Sesuatu tentang apa yang disebut kode bug ChaiOS memberi perangkat Apple Anda sebuah brainstorming. Nasty, tapi lebih merepotkan daripada sesuatu yang akan menyebabkan data dicuri dari komputer Anda atau hacker jahat bisa mengakses file Anda. Jangan heran jika Apple mengeluarkan update keamanan dalam waktu dekat untuk memperbaiki contoh terbaru dari sebuah bom teks.”

Kelemahannya mirip dengan worm Power Efektif yang menabrak perangkat iPhone pada tahun 2015, ketika satu set karakter yang dikirim sebagai pesan teks dapat menyebabkan iPhone dinyalakan ulang. [Independet]

 

Suara

Show More

Related Articles

Close