Tempat Wisata

20 tempat wisata anak di Bogor

yang penuh petualangan dan keceriaan

Anda tentu sudah tidak asing dengan Kota Bogor,si kota hujan di kaki gunung yang hanya berjarak ‘selemparan batu’ dari Jakarta. Keindahan alam, kesejukan udara, dan banyaknya tempat berburu barang murah sudah lama menjadi daya pikat untuk menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Dan tahukah Anda kalau Bogor kaya akan lokasi wisata seru yang pasti akan disukai oleh si buah hati? Di sini mereka bisa bermain air, bergelantungan di udara, bermain bersama binatang lucu, belajar kesenian tradisional, mencicipi kehidupan pedesaan, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi yang sedang merencanakan liburan untuk putra-putrinya, ini dia tempat-tempat penuh keceriaan dan petualangan bagi sang buah hati. Ayo panggil si kecil sekarang dan kita mulai berkemas. Tujuan petualangan berikutnya: Bogor!

1. Dunia koboi dengan citarasa Eropa di Puncak: De Ranch Megamendung

Dunia koboi tidak selamanya gersang dan panas bak gurun pasir. Buktikan sendiri di De Ranch yang ada di daerah Puncak ini. Tempat ini tidak hanya mengubah si buah hati menjadi para koboi cilik, tetapi juga memiliki udara sejuk pegunungan dan suasana pedesaan di Eropa sana, lengkap dengan kastil dan taman bunga.

Rasanya belum sah kalau berkunjung ke dunia koboi tanpa menaiki kuda. Dan memang menikmati suasana Eropa yang mengelilingi tempat ini ditambah udara segar dari atas punggung kuda terasa berbeda. Dan untuk membuat kunjungan Anda lebih berkesan lagi, cobalah uji kemampuan Anda dalam memanah

Mari jelajahi tempat ini bersama-sama untuk mencari rumah permen, rumah hobbit, jembatan dongeng, dan rumah kelinci. Dan khusus yang terakhir, tempat ini dipenuhi dengan kelinci lucu yang dengan senang hati menyambut Anda di rumahnya. Tapi ingat, ajarkan anak Anda menjadi tamu yang menghormati tuan rumah.

Sama seperti seniornya , de’Ranch Lembang, tempat ini juga menjual aneka kuliner lezat khas Bandung, seperti siomay, batagor, atau tahu susu. Dan wajib diingat kalau tiket masuknya bisa ditukar dengan susu atau menjadi kupon diskon di sini. Jadi siapa yang siap menikmati aneka kuliner lezat dalam dunia koboi dengan latar belakang  pegunungan hijau?

De Ranch Megamendung

Alamat: Jl. Raya Puncak – Cianjur No.428, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor (sekitar 10km dari Gerbang Tol Ciawi, tepat setelah Taman Wisata Matahari)
Jam Operasional: 09.00 – 17.00
Tiket Masuk:  Rp20.000,- per orang. Tarif wahana mulai dari Rp20.000,- per orang

 

2. Berbagi ceria di taman buah serba ada: Taman Buah Mekarsari

Ternyata kita tidak harus memiliki rumah dengan pekarangan luas untuk mengajak si buah hati bermain di antara pepohonan buah. Di antara Kota Bogor dan Jakarta, tepatnya di daerah Cileungsi, tersedia taman seluas 264 hektar yang dipadati berbagai macam tanaman, mulai dari bunga, sayur-mayur, hingga tanaman unik hasil persilangan seperti pedakka (hasil persilangan antara cempedak dengan nangka)!.

Itulah Taman Buah Mekarsari, tempat yang layak dijadikan tujuan berlibur dan bermain bersama si kecil. Selain dapat bermain di pekarangan penuh dengan aneka pohon buah, anak-anak dapat berkunjung ke  Rumah Hobbit, bermain dengan para kelinci di Rabbit House, menunggang kuda, atau memberi makan kura-kura.

Dan ternyata di sini kita bisa menguji nyali juga dalam berbagai wahana seru yang ada seperti flying fox, permainan halang rintang, dan sepeda air. Sedangkan anak-anak pasti akan merasakan sensasi yang tidak kalah serunya dengan mendatangi permainan yang ada di Kids Fun Valley yang ada.

Penasaran ingin mencicipi tinggal di “rumah dengan pekarangan luas?” Anda juga bisa berkemah atau menginap di sini lho. Ada juga tanaman bonsai yang tertata apik yang dapat Anda beli dan jadikan kenang-kenangan dari Taman Buah Mekarsari.

Taman Buah Mekarsari

Alamat: Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Desa Mekarsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor (sekitar 10km dari Gerbang Tol Cibubur)
Telepon: (021) 823 1811– 13
Jam Operasional: 06.00 – 16.00
Tiket Masuk: Rp25.000,- per orang | Rp15.000,- (mobil) | Rp5.000,- (sepeda motor)

 

3. Pengembaraan dalam liburan yang tidak akan dilupakan oleh si kecil: Jungleland Adventure Theme Park

Taman bermain dengan luas mencapai 35 hektar di daerah Sentul ini memang menjanjikan pengalaman seru yang tiada duanya. Ada 41 wahana seru yang bisa dijelajahi di dalam empat area: Carnivalia, Explora, dan Mysteria.

Masing-masing area menawarkan pengembaraan baik bagi orang dewasa dan anak-anak dengan berbagai macam hobi. Untuk yang hobi bermain air, silakan berbasah-basah ria di curam jeram atau arus deras. Kalau mencari rasa deg-degan dan keringat dingin, kunjungi saja harvest time sarang burung. Penggemar horror wajib berkunjung ke rumah jelangkung hiii!

Lalu si kecil bagaimana? Jangan takut, ada banyak wahana untuk hiburan santai bersama keluarga seperti bianglala atau jeep tour. Ada juga area Explora yang berbau “mendidik.” Di sini ada wahana ekspedisi prasejarah yang akan membawa Anda sekeluarga berkeliling menyaksikan dinosaurus yang jinak, sehingga Anda tidak perlu was-was. Di sini juga ada science centre yang menampilkan beragam fenomena ilmiah unik. Contohnya, ingin tahu apa efek rumah kaca itu dan mengapa menyebabkan Bumi semakin panas? Datang saja kemari.

 

Banyaknya wahana di sini dijamin membuat Anda “galau” wahana apa yang mau didatangi terlebih dahulu. Dan keindahan lain dari tempat ini adalah adanya sungai alami yang membelah tepat di tengahnya, dengan pesona Gunung Pancar. Daya tarik yang komplit dan sayang untuk dilewatkan bukan?

Jungleland Adventure Theme Park

Lokasi: Jalan Jungleland Boulevard No. 1, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor
Cara ke Sana: Terletak di dalam Komplek Perumahan Sentul Nirvana, sekitar 11 km dari exit tol Sentul Selatan/Bogor Outer Ring Road. Koordinat di sini
Telepon: (021) 2931 1313
Jam Operasional: 10.00 – 17.00 (hari biasa) | 09.00 – 18.00 (akhir pekan)
Tiket masuk: mulai dari Rp99.000,- (hari biasa) | mulai dari Rp132.000,- (akhir pekan)

 

4. Bermain sambil menyeruput yogurt sehat di pinggir sungai: Cimory Riverside

Anda tentu sudah tahu tentang yogurt Cimory yang beredar di pasaran bukan? Nikmat, sehat, dan menyegarkan,bukan? Nah, kalau ngidam Anda lebih dari sekedar yogurt Cimory, datang saja ke sini.

Restoran di pinggir Jalan Raya Puncak ini terletak di tepi Sungai Ciliwung, yang airnya masih “perawan” dan dipenuhi bebatuan besar. Untuk menikmati pemandangan sungai, pilih saja tempat bersantap di balkonnya yang luas dan terbuka. Tapi tenang saja, Anda tidak akan kehujanan karena walaupun terbuka, tapi masih diberi atap.

Anda juga dapat menikmati keindahan sungai dari riverwalk, jembatan kayu yang menjorok ke sungai. Pemandangan sungai dengan latar belakang hutan dan suara gemericik airnya menjadi resep ampuh melepas kepenatan.

Sembari menikmati kesejukan udara di sini, biarkan anak Anda bermain di taman bermainnya atau bercanda bersama para “sapi” berbagai ukuran yang memenuhi tempat ini.

Ada juga tempat bagi para penggila coklat: Chocomory, toko khusus yang menjual beraneka ragam coklat. Oh iya, buah hati Anda juga pasti senang diajak menyambangi tempat pembuatan coklatnya ya. Tempat ini memang sengaja dibangun dengan dinding kaca transparan agar kita dapat melihat langsung proses pembuatan coklatnya.

Setelah perut terisi, buah hati senang, dan penat hilang, saatnya mencari barang untuk dibawa pulang: coklat, yogurt, cindera mata, atau semuanya?

Cimory Riverside

Alamat: Jl. Raya Puncak KM.77, Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.
Telepon: (0251) 8252678
Jam Operasional: 09.00 – 22.00

 

5. Bertamu ke rumah para hewan di kesejukan rumahnya: Taman Safari Indonesia

Ternyata tidak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk bersafari ria melihat para hewan di habitat asli mereka. Rumah hewan liar itu hanya 1 jam perjalanan dari Bogor, tepatnya di daerah Cisarua.

Mari ajak buah hati Anda berkenalan dengan jerapah, zebra, anoa, gajah, komodo, simpanse, lumba-lumba, dan banyak lagi binatang lainnya. Di dalam rumah mereka yang luasnya 170 hektar ini, anak-anak akan mendapat banyak teman baru yang lucu dan unik!

Keistimewaan lainnya adalah Anda bisa langsung memberi makan para binatang yang ada di sini. Mau berfoto ria bersama bayi harimau, orangutan, atau kanguru? Semuanya lucu-lucu lho.

Selain menjadi rumah bagi berbagai binatang lucu dan menarik, di sini juga ada berbagai wahana seru dan menegangkan ala taman hiburan seperti kincir raksasa, sepeda air, dan roller coaster. Kalau lebih suka bermain dengan air kolam yang sejuk, datang saja ke Safari Waterpark di komplek Taman Safari ini.

Di sini juga tersedia fasilitas bagi mereka yang mau trekking atau berkemah lho.

Dan jangan lupa sebagai tamu yang baik, hormati tuan rumah ya. Perlakukan  mereka dengan baik dan jaga kebersihan rumah mereka, setuju?

Taman Safari Indonesia

Alamat: Jalan Raya Puncak No.601, Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor
Cara ke Sana: Dari jalur ke Puncak, setelah melewati Pasar Cisarua, terdapat pertigaan dengan papan petunjuk di sisi kanan menuju Taman Safari Indonesia.. Koordinat di sini.
Telepon:  (0251) 825 0000
Jam Operasional:  08.30 – 17.00 (hari biasa); 08.00 – 17.00 (akhir pekan dan hari libur nasional)
Tiket masuk: Rp180.000,- per orang | Rp20.000,- (mobil) | Rp10.000,- (sepeda motor)

 

6. Resto terapung yang penuh dengan permainan seru: Rumah Air Resto

Inilah jawaban bagi Anda yang mencari tempat nongkrong sekaligus menjamu si buah hati dengan aneka mainan seru.

Tempat ini terletak di dalam komplek perumahan tidak jauh dari pusat Kota Bogor. Anda akan disuguhi beragam makanan Sunda lezat di dalam saung yang “mengapung” di air. Di arah selatan ada Gunung Salak yang berdiri kokoh di kejauhan.

Rumah Air menyediakan berbagai masakan ikan gurame, nila, cumi, dan udang segar. Salah satu menu yang unik adalah oup Ikan Nila Kelapa Muda Bakar yang sudah banyak membuat orang yang berkunjung ke sana jatuh cinta.

Selain makanannya, ada keseruan lain yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Ada permainan yang tidak berhubungan dengan air seperti otopad, becak mini, dan istana balon, dan ada juga permainan yang mewajibkan Anda membawa baju ganti untuk anak Anda, yaitu perahu kayuh, crazy ball, atau ATV (mobil off-road mini lengkap dengan track-nya). Tapi untuk keseruan maksimal, membawa baju ganti tidak ada salahnya ‘kan?

Ada juga permainan bagi para orang dewasa, yaitu kolam pemancingan. Jadi kalau anak Anda terlalu asyik bermain dan belum mau beranjak juga, mungkin Anda bisa mampir dan mengadu peruntungan di sini.

Rumah Air Resto

Alamat: Bogor Nirwana Residence ST 207, Jl. Raya Boulevard CBD, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor
Cara ke Sana: Resto ini terletak di dalam komplek perumahan Bogor Nirwana Residence. Dari Jalan Pahlawan  Kota Bogor, carilah pertigaan setelah melewati Taman Makam Pahlawan, belok kiri dan ikuti jalan sampai tiba di perumahan. Koordinat di sini.
Telepon: (0251) 820 0666
Jam Operasional: 10.00 – 21.00

 

7. Kiri kanan kulihat saja… banyak pohon pinus: Melrimba Garden

Naik-naik ke daerah “Puncak,” lalu singgah di Melrimba Garden. Tidak hanya pohon pinus saja yang akan Anda jumpai di sana, tetapi juga berbagai tanaman bunga warna-warni dan berbagai jenis kaktus yang menawan.

Ada juga perkebunan teh dan stroberi yang semuanya terawat dengan baik. Mungkin Anda tertarik  dengan program strawberry pick & eat atau tea walk yang juga ditawarkan oleh Melrimba Garden?

Khusus untuk anak-anak, berbagai permainan menantang sudah menunggu di area taman bermainnya, seperti go-kart mini lengkap dengan lintasannya, trampolin, high-rope (berjalan di ketinggian dengan bantuan tali), atau sekedar bersantai ria di fun boat

Jika merasa lapar setelah melewati berbagai tantangan itu, datang saja ke Melrimba Kitchen dengan berbagai pilihan masakan Sunda atau nusantara ditemani semilir angin pegunungan yang sejuk, dan tentu saja kerimbunan hutan pinus yang menemani Anda, ke manapun mata Anda terarah.

Tempat ini juga menjual bibit tanaman bunga bagi yang ingin mencoba berkebun, membuat “Melrimba Garden” mini yang tidak kalah indahnya di rumah.

Melrimba Garden

Alamat: Jl. Raya Puncak KM.87, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.
Telepon: (0263) 523 205 / 0878 8114 0566
Jam Operasional: 08.00 – 21.00 (Setiap hari, kecuali Sabtu) | 08.00 – 23.00 (Sabtu)
Tiket masuk: Rp10.000,- per orang | Rp5.000,- (parkir)

 

8. Bersenda gurau dengan rusa-rusa imut!: Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

Berdiri sejak tahun 1993, di areal seluas 5 hektar yang dulunya dikenal dengan nama Penangkaran Rusa Cariu ini Anda dapat menghabiskan waktu bermain dan bercanda dengan rusa-rusa menggemaskan.

Di penangkaran yang terletak di Desa Buana Jaya ini dikembangbiakan beberapa jenis rusa, dari Rusa Cheetal, Rusa Jawa, dan juga Rusa Bawean. Jika ke sana membawa kendaraan pribadi, Anda diwajibkan memarkirkan kendaraan di tempat yang tersedia, lalu melanjutkan perjalanan melewati jembatan gantung yang terbentang di atas Sungai Cibeet untuk mencapai tujuan.

Jangan lupa untuk berhenti sebentar dan mengabadikan beberapa gambar ketika berada di atas jembatan tersebut, karena pemandangannya benar-benar menakjubkan!

+

Setibanya di kawasan penangkaran, maka Anda pun diperkenankan untuk memberi makan dan bermain dengan hewan imut tersebut, dan tentunya berfoto ria. Anda bisa membeli ubi untuk memberi makan rusa yang dijual oleh petugas. Selain makan ubi, di pagi hari rusa-rusa ini biasa menyantap rumput, sedang di malam hari mereka ngemil dedak!

Oh ya, Anda juga diperkenankan untuk membeli dan memelihara rusa tersebut di rumah lho. Asalkan memiliki halaman yang cukup luas dan mengajukan permohonan pembelian ke Dinas Perhutani Kabupaten Bogor di Cibinong. Tapi maksimal hanya boleh tiga ekor saja dan tentunya selama populasi rusa di sini cukup tinggi.

Selain jadi tempat mengembangbiakkan rusa, wana wisata ini juga menyediakan lokasi outbound dan tempat perkemahan yang berkapasitas hingga 200 orang. Siapa tahu Anda tertarik?

Penangkaran Rusa Giri Jaya (Cariu)

Lokasi: Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor (sekitar 40km dari pintu keluar Tol Cibubur dari arah Cileungsi – Jonggol)
Telepon:  (022) 727 8341 atau (022) 6100 6009
Jam Operasional: 07.00 – 17.00
Tiket Masuk: Mulai dari Rp2.500,- per orang | Tarif outbound/kemping mulai dari Rp3.000,- per orang

 

9. Menikmati keseruan permainan yang tiada habisnya: Cibalung Happy Land

Seperti namanya, tempat ini akan membawa keceriaan bagi siapapun yang berkunjung ke sini dengan aneka permainan seru yang seakan tidak habis-habis. Ber-outbound ria, bermain air di waterparknya, atau mencicipi sensasi kehidupan petani dan peternak? Kalau satu hari terasa kurang, Anda bahkan  bisa menginap atau berkemah di sini.

Keceriaan pertama berasal dari waterparknya. Kolam renang di sini relatif dangkal karena dirancang untuk permainan air anak-anak. Tapi menceburkan diri ke kolam melalui seluncuran dari ketinggian cukup seru ‘kan?

Keceriaan kedua akan didapat dari berbagai wahana menantang yang ada di sini. Contohnya terbang bersamai flying fox, sensasi berjalan di udara dengan high rope, atau serunya berlompatan dengan trampolin, berperang paintball, dan ngebut dengan ATV di lintasan menantang.

Yang ketiga adalah belajar menjadi petani dan peternak yang handal. Bawalah anak-anak Anda untuk menanam padi, memelihara kelinci, menangkap bebek, atau memerah susu sapi.

Tempat ini juga menyediakan villa untuk menginap atau tenda perkemahan bagi Anda yang ingin melewatkan malam di tengah hijaunya alam di kaki Gunung Salak ini, atau yang sekedar belum bisa move on dari serunya permainan yang ada.

Cibalung Happy Land

Alamat: Jl. Cihideung, Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor
Cara ke Sana: Dari pusat Kota Bogor, ikuti rute Jl. Suryakencana – Jl. Lawang Gintung – Jl. Raya Cipaku – R.E. Sumantadiredja – Jl. Cihideung. Lokasinya sekitar 15km dari pusat Kota Bogor. Koordinat di sini
Telepon: (0251) 821 1711
Jam Operasional: 09.00 – 17.00
Tiket masuk: Rp15.000,- (hari biasa) | Rp20.000,- (akhir pekan) | Rp5.000,-(motor) | Rp10.000,- (mobil)

10. Mengintip pekarangan belakang Istana Presiden: Kebun Raya Bogor

Tahukah Anda kalau taman raksasa yang terletak di jantung kota Bogor ini sudah ada sejak tahun 1817, memiliki luas 87 hektar, dan memiliki koleksi lebih dari 15.000 spesies tanaman. Di dalamnya juga terdapat Istana Bogor, istana presiden tertua di Indonesia yang pertama kali dibangun pada tahun 1744!

Tapi Kebun Raya Bogor bukan sekedar pohon raksasa saja lho. Banyak keunikan di dalamnya yang dapat Anda nikmati bersama si kecil. Salah satunya adalah Danau Gunting yang berhiaskan daun dan bunga teratai, lengkap dengan air mancur di bagian tengahnya. Dari sini Anda bisa mengintip pekarangan belakang istana presiden sambil menyaksikan rusa liar yang bebas berkeliaran di sana.

Untuk mengajak si kecil merasakann gersangnya gurun? Taman Meksiko tempatnya. Taman ini dihuni oleh tanaman gurun, mulai dari yang berukuran mini hingga raksasa. Dan tempat unik lain untuk berwisata bersama keluarga adalah Griya Anggrek, di mana ratusan jenis anggrek beraneka warna akan menemani saat bersantai Anda bersama keluarga. Tempat ini juga menjual bibit tanaman anggrek lho kalau Anda mencari cindera mata untuk yang gemar berkebun.

Di sini Anda juga dapat menemukan monumen Lady Raffles, yang dibangun oleh Sir Stamford Raffles untuk mendiang istrinya, Kolam Astrid yang juga dipenuhi teratai indah, atau menikmati secangkir minuman segar Grand Garden Cafe .

Jadi, sebenarnya banyak hal menarik dari taman di pusat kota ini bukan? Ingin menikmatinya dengan berjalan santai, ber-jogging ria, atau bersepeda. Semuanya dijamin membawa keceriaan bagi Anda sekeluarga.

Kebun Raya Bogor

Alamat: Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat
Telepon: (0251) 831 1362
Jam Operasional: 08.00 – 17.00
Tiket masuk: Rp.15.000,- (Kebun Raya Bogor + Museum Zoologi)

 

11. Belajar bersama transformer di ruang kelas terbuka: EcoArtPark Sentul

Taman di daerah Sentul Selatan ini berada di di tepi Sungai Cikeas dan bertetangga dengan Bellanova Mall.

Walau taman ini tidak terlalu besar, tapi banyak keunikan yang bisa dinikmati oleh putra-putri Anda.

Yang membuat EcoArtPark berbeda dari yang lain adalah dua buah taman yang dimilikinya: Taman Patung atau Sculpture Garden dan Taman Ilmu Pengetahuan atau Science Garden. Kedua taman ini dengan keunikannya masiing-masing sudah menjadi alasan kuat untuk mengajak putra dan putri Anda untuk berkunjung.

Seperti namanya, taman patung dipenuhi berbagai patung. Yang paling terkenal adalah patung Transformer setinggi 5m yang terbuat dari onderdil mobil. Wah, Jangankan anak-anak, kita sendiri pun harus mendongak kalau mau melihatnya! Ada juga patung pesumo, patung penyayang hewan, dan patung kereta api lengkap dengan kerumunan orang di dalamnya.

Kalau di Taman Ilmu Pengetahuan, yang akan dijumpai adalah peralatan aneh dan menarik, seperti dua buah parabola yang terpisah sekitar 15 meter. Tapi kalau kita berbicara menghadap parabola yang satu, suara kita akan dapat didengar oleh orang di depan parabola yang lain. Mengapa bisa demikian? Semua mungkin berkat ilmu pengetahuan.

Putra putri Anda yang telah belajar giat di taman ini tentu layak mendapat hadiah ‘kan? Belikan makanan kesukaan mereka di Pasar Ah-Poong (Pasar Apung yang namanya dipelesetkan), pujasera komplit tepat di seberang sungai. Dari sini Anda juga bisa menyewa perahu untuk bersantai bersama keluarga menikmati indahnya Sungai Cikeas.

Buat para Instagrammer, jangan lupa berfoto di atas jembatan gantung antara EcoArtPark dan Pasar Ah-Poong .

EcoArtPark Sentul

Lokasi: Sentul City, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor (Sekitar 500m dari Exit Tol Sentul Selatan/Bogor Ring Road). Koordinat di sini.
Tiket masuk: Gratis

 

12. Bertualang mengarungi arus kolam renang bersama si kecil: Marcopolo Water Adventure

Inilah tempat wisata air unik yang akan membawa Anda bertualang bersama si kecil. Tempat seluas sekitar 5 hektar ini penuh dengan bermacam-macam kolam renang, dan setiap kolam renang memiliki kisah petualangannya masing-masing!

Kesan petualangan memang terasa kental dengan hadirnya banyak ornamen unik yang tersebar di tempat ini. Ada patung Neptunus, sang dewa laut dengan para pengawalnya: penyu, gurita, ikan paus, penguin, kuda laut, dan kodok.

Anda bisa merasakan serunya melawan arus di kolam arus, meluncur di waterboomnya, menikmati rasanya berdiri di bawah air terjun, atau bertualang di dalam gua bawah air, atau sekedar berbasah ria bersama si kodok, angsa, dan terumbu karang yang bisa menyemburkan air dalam jeda waktu tertentu. Di sini ada kolam air panas juga lho bagi para “petualang peremajaan kulit.”

Ada juga petualangan tanpa perlu berbasah-basahan di Cinema 4D-nya, Walau hanya simulasi, tapi dijamin petualangannya tidak kalah serunya lho, sampai-sampai teriakan pengunjungnya bisa terdengar jelas dari luar. Pasti penasaran kan?

Baiklah, siapa yang sudah siap untuk bertualang menaklukkan semua kolam renang itu?

Marcopolo Water Adventure

Alamat: Bukit Cimanggu City, Jalan Soleh Iskandar No. 1, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor
Cara ke Sana: Dari arah Bogor Outer Ring Road, exit Kedung Badak atau Jl. Soleh Iskandar, masuklah ke komplek Bukit Cimanggu City, di sebelah kanan setelah melewati Ramayana Bogor Square. Koordinat di sini
Telepon: (0251) 7536 3346
Jam Operasional: 09.00 – 17.00 (hari biasa) | 08.00 – 18.00 (akhir pekan dan hari besar)
Tiket masuk: Rp 40.000,- (hari biasa) | Rp 55.000,- (akhir pekan dan hari besar)

13. Aku adalah anak gembala yang selalu riang serta gembira: Kuntum Farm Field

Masih ingat lagu anak-anak Anak Gembala? Kuntum Farmfield siap menyulap anak-anak Anda menjadi anak-anak gembala yang senantiasa riang gembira.

Sebagai seorang gembala, anak-anak bertanggung jawab memberi makan hewan-hewan peliharaannya. Di sini mereka bisa menjadi gembala sapi atau kambing. Tentunya seorang gembala sejati harus dapat menaiki kuda seperti koboi kan? Semuanya bisa dicoba di sini.

Profesi lain yang tersedia bagi anak-anak Anda adalah peternak unggas, baik ayam maupun bebek, pemancing ikan, atau pemelihara kelinci. Jangan lupa siapkan kamera Anda untuk mengabadikan momen keceriaan si kecil ya.

Ada lagi tempat untuk belajar menanam, memelihara, dan memetik sayur-sayuran seperti bayam atau selada, atau memelihara umbi-umbian seperti jahe atau kunyit. Semuanya serba organik, tanpa pupuk buatan. Sehat bukan?

Ajak juga anak Anda ke kolam ikan. Air kolamnya hanya semata kaki, jadi anak-anak dapat turun dan menangkap ikan langsung dengan tangan. Pokoknya dijamin serunya berbeda dengan memancing

Walaupun menyenangkan, menjadi seorang gembala tentu bukan pekerjaan mudah. Untuk itu, ada mini cafetaria yang menjual berbagai macam makanan, mulai dari es krim hingga makanan berat untuk mengembalikan stamina para gembala yang terkuras.

Kuntum Farm Field

Alamat: Jalan Raya Tajur No. 291, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Kota Bogor Timur, Kota Bogor
Cara ke Sana: Keluar dari Gerbang Tol Ciawi dan ambil arah Bogor atau ikuti Jl. Raya Tajur dari arah Kota Bogor. Koordinat di sini
Telepon: 0877 2078 1000
Jam Operasional: 08.00 – 18.00
Tiket masuk: Rp40.000,-

 

14. Menjajal liburan komplit dengan wisata petualangan, kuliner, dan belanja sekaligus: SKI Katulampa

Bagi Anda, Katulampa mungkin identik dengan pintu airnya yang senantiasa melindungi Jakarta dari banjir. Tapi rupanya di sini ada juga wahana liburan komplit bagi keluarga, SKI Katulampa.

Lahan seluas 3 hektar ini penuh dengan atraksi menarik bagi keluarga. Anak-anak dijamin akan betah berlama-lama bermain di waterpark dengan kesejukan airnya, berbagai macam arena seluncur, dan pemandangan Gunung Salak yang berdiri kokoh di sebelah selatan.

Mereka juga bisa menikmati kesejukan udara sambil mengayuh sepeda air atau mencoba petualangan seru di atas trampolin, mengemudikan gokart atau menunggang kuda poni. Bagaimana dengan balapan di dalam bola raksasa yang mengapung di atas air? Ingin mencoba ‘kan?

Tempat ini juga menyuguhkan petualangan menarik bagi lidah Anda lho. Berbagai penganan khas kota Bogor seperti roti unyil, asinan bogor, batagor, siomay, toge goreng, dan masih banyak lagi juga ditawarkan di sini. Berwisata kuliner setelah bertualang? Mengapa tidak?

Kalau soal wisata belanja, SKI Katulampa memang pada awalnya merupakan sentra tas, sepatu, dan pakaian di Bogor. Jadi soal kualitas, pilihan, dan harga tidak perlu ditanya lagi deh!

SKI Katulampa

Alamat: Jl. Raya Katulampa No. 6, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Kota Bogor Timur, Kota Bogor
Cara ke Sana: Dari Jl. Raya Pajajaran ke arah Tajur, perhatikan sisi kiri jalan untuk menemukan petunjuk arah ke SKI Katulampa, tepat sebelum Bale Binarum.
Telepon: (0251) 835 3685 / 832 1183
Jam Operasional: 08.00 – 17.00
Tiket masuk: Rp 40.000,- (hari biasa) | Rp 55.000,- (akhir pekan dan hari besar)

 

15. Cara unik dan manjur mempelajari dunia fauna Indonesia: Museum Zoologi

Museum ini sudah dibangun mengumpulkan koleksi satwa unik sejak tahun 1894, jadi tidak heran kalau bangunannya memiliki gaya Eropa. Kalau Anda penggemar bangunan kuno, niscaya melihat bentuk bangunan luarnya saja merupakan daya tarik tersendiri.

Di dalamnya sendiri ada 24 ruangan yang dipenuhi dengan fosil berbagai jenis fauna yang ada di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, jumlah koleksinya ada jutaan ekor!

Di museum ini tersimpan koleksi berbagai jenis binatang, mulai dari serangga, siput, kerang-kerangan, hingga unggas, burung, dan mamalia. Semuanya tersusun rapi di ruangan yang suhunya dijaga 220C agar tidak merusak koleksi yang ada. Jadi jangan lupa membawa jaket jika Anda merasa kurang tahan dingin.

Primadona museum ini adalah paus biru raksasa yang ditemukan di Garut pada tahun 1916. Anda niscaya akan tercengang dengan ukurannya karena memang paus biru ini merupakan salah satu binatang terbesar di dunia, yang konon jauh lebih besar dari kebanyakan dinosaurus yang membuat Anda tidak berani membuka mata saat menonton film Jurassic Park.

Museum ini terletak persis di depan pintu masuk Kebun Raya Bogor dan tiketnya satu paket lho. Artinya kalau berkunjung ke Kebun Raya Bogor, Anda juga bisa masuk ke Museum Zoologi tanpa perlu membeli tiket lagi.

Museum Zoologi

Alamat: Jl. Ir. H. Djuanda No. 9, Kelurahan Paledang, Kecamatan Kota Bogor Tengah, Kota Bogor (tepat di sebelah pintu masuk Kebun Raya Bogor)
Telepon: (0251) 831 1362
Jam Operasional:  07.30 – 16.00 (Senin – Kamis) | 07.30 – 11.30 & 13.00 – 16.30 (Jumat) | 08.00 – 17.00 (akhir pekan dan hari libur nasional)
Tiket Masuk: Rp15.000,- (Kebun Raya Bogor + Museum Zoologi)

 

16. Pemancingan yang keseruannya lebih dari sekadar menangkap ikan: Fishing Valley

Melihat namanya, Anda pasti bisa menebak kalau tempat ini menawarkan pengalaman seru memancing. Tentu saja! Pemancingan ini berada di tengah kehijauan lembah di mana Anda bisa melepas penat dengan memancing ditemani musik khas Sunda dan suara gemericik air dan kicauan burung alami.

Kita dapat mengadu peruntungan di beberapa jenis kolam pemancingan yang ada, yaitu kolam pancing kiloan, di mana tagihan Anda sesuai dengan berat ikan yang berhasil dipancing, Galatama bagi yang ingin beradu cerdas memancing dengan rekan pengunjung lainnya, atau kolam pancing pribadi, untuk memancing tanpa gangguan.

Tapi tempat wisata seluas 3,5 hektar ini tidak semua serba memancing. Masih banyak keseruan lain yang menanti terutama bagi anak-anak. Ada bola apung bagi yang ingin berlarian sambal terapung di atas air, jembatan goyang yang mmendebarkan, juga flying fox untuk terbang dari pohon ke pohon bak Tarzan.  Kalau senang bermain air, wahana waterparknya juga komplit dan penuh tantangan lho. Ada kolam seluncuran, ember tumpah, dan masih banyak lagi.

Tempat ini juga dilengkapi restoran masakan Sunda yang maknyus. Jadi tidak peduli Anda sukses memancing ataupun tidak, Anda dijamin mendapatkan santapan lezat untuk mengisi perut Anda saat berkunjung ke sini.

Fishing Valley

Alamat: Jalan Raya Pemda No.107, Desa Pasir Jambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor
Cara ke Sana: Dari arah Jl. Raya Pajajaran atau Bogor Outer Ring Road exit Kedung Halang melalui Jl. Kedung Halang sampai di Fishing Valley. Koordinat di sini.
Telepon: (0251) 865 8722
Jam Operasional: 09.30 – 21.00 (hari biasa) | 09.00 – 21.00 (akhir pekan)
Tiket Masuk: Rp25.000,- (hari biasa) | Rp30.000,- (akhir pekan dan hari besar)

 

17. Bermain kebut-kebutan di dalam air: Water Kingdom Mekarsari

Inilah tempat liburan keluarga yang akan mengajak kita bertualang, berolahraga, sekaligus bersantai dan bersenang-senang. Setiap wahana di dalamnya memiliki keunikan dan keceriaan masing-masing untuk ditawarkan kepada Anda dan juga si kecil.

Mari kita awali adu cepat kita dengan berseluncur. Baik anak-anak maupun orang dewasa pasti suka meluncur cepat menuju kesejukan air dalam kolam renang ‘kan? Jangan lewatkan ketiga seluncuran keren yang ada di sini: boomerang slide yang akan membawa Anda terjun dari ketinggian dan menikung dalam kecepatan tinggi, raft slide dengan dua pilihan seluncurannya: terbuka atau melalui terowongan, dan racer slide untuk beradu cepat dan lincah dengan sesama pengunjung lain.

Selain itu ada juga Octopus splash pool yang penuh dengan terowongan “misteri” untuk dijelajahi bersama si kecil. Atau whirl pool dan wave pool, dua jenis kolam arus dengan keseruannya masing-masing. Kalau wave pool membuat Anda terasa terombang-ambing di laut, whirl pool seakan mengombang-ambingkan Anda di tengah pusaran air. Menarik ‘kan?

Tempat ini juga memiliki lapangan futsal yang tidak biasa, karena sambil bermain futsal, tiba-tiba bisa muncul air mancur yang menghalangi Anda mencetak gol!

Tapi kalau Anda ingin bermalas-malasan, lazy river-lah tempatnya. Sesuai namanya di sungai buatan sepanjang 600 meter ini berarus tenang. Gunakan saja ban untuk tempat bermalas-malasan, ikuti arus sungai, dan nikmati pemandangan yang ada. Atau leisure pool untuk bersantai sambil menikmati keindahan panorama danau di depannya.

Sempatkan juga untuk mengobati lapar di Rumah Air, restoran indah berbentuk saung di tengah kolam ikan yang ada di sini.

 

Water Kingdom Mekarsari

Alamat: Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM. 3, Desa Mekarsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (sekitar 10km dari Gerbang Tol Cibubur)
Telepon: (021) 2923 2923
Jam Operasional: 09.00 – 17.00 (hari biasa) | 06.00 – 17.00 (akhir pekan)
Tiket Masuk: Rp70.000,- (hari biasa) | Rp95.000,- (akhir pekan dan hari besar)

 

18. Taman hiburan tempat berkumpulnya para sahabat alam: Taman Wisata Matahari

Mari mengajak si kecil bersenang-senang sekaligus berkenalan dengan teman baru: alam pegunungan yang indah dan sejuk di Taman Wisata Matahari. Ini adalah tempat wisata super lengkap yang mengemas wisata air, petualangan, dan pendidikan menjadi satu.

Di sini Anda bisa menikmati keindahan sungai di tengah alam pegunungan dengan perahu karet, sepeda air, atau perahu bermotor. Kalau dirasa kurang menantang, di sungai ini juga ada jeram-jeram yang siap menantang Anda untuk mengarunginya lho. Serunya bermain air belum berakhir di sana, karena ada waterpark dan bola air mengapung yang tidak kalah menyenangkan.

Dari air, mari kita beralih bersahabat dengan alam di udara. Siapkan diri untuk merasakan keegaran udara pegunungan dari atas dalam permainan trampolin dan flying fox. Atau mengunjungi rumah hantu, mungkin? Tempat yang akan membuat Anda menjerit sampai terbang ke udara.

Nah, selain bermain di alam, mari ajak si kecil bermain bersama alam, dalam wahana agro sawah dan agro sayur, yang akan mengajarkan mereka untuk bercocok tanam. Tapi ingat ya, untuk mengikuti latihan spesial ini, diperlukan minimal 30 orang. Tidak perlu cemas bagi yang tidak membawa rombongan, kita ajak saja si kecil mencari teman baru sesama pengunjung di sana.

Tempat ini juga menyediakan berbagai pilihan resto dan akomodasi, jadi Anda tidak perlu takut kelaparan atau kemalaman saat bermain di sini.

Taman Wisata Matahari

Alamat: Jl. Taman Wisata Matahari,  Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor
Cara ke Sana: Taman ini terletak di tepi Jalan Raya Puncak, sekitar 11 km dari Gerbang Tol Ciawi di sebelah kiri jalan. Koordinat di sini.
Telepon: (0251) 825 5388
Jam Operasional: 08.00 – 16.00 (hari biasa) | 08.00 – 17.00 (akhir pekan)
Tiket Masuk: Rp35.000,- (hari biasa) | Rp45.000,- (akhir pekan dan hari besar)

 

19. Belajar menjadi “anak kampung” kekinian: Kampoeng Wisata Cinangneng

Inilah tempat untuk mengajarkan anak Anda rasanya menjadi anak desa di masa lalu. Berbagai keterampilan yang akan membuat si kecil semahir orang tua Anda di waktu kecil dulu akan diajarkan seperti bertani, beternak, menari, melukis di caping, bermain angklung, dan membuat jamu!

Untuk yang senang berolahraga, mari bersama-sama belajar naik “kaulinan barudak lembur” alias egrang! Kalau menginap di sini, Anda bisa mengikuti program ronda malam. Di mana lagi Anda bisa mencicipi rasanya berjalan di kegelapan malam berbekal senter dan pentungan?

Ada beberapa paket yang ditawarkan yaitu program ‘Poelang Kampoeng’ yang akan dengan lengkap mengajarkan cara menjadi “anak kampoeng”, program ‘Saya pun berasal dari Desa’ yang akan membawa Anda dan si kecil tour keliling kampung dan berfoto dengan pakaian khas Sunda, serta paket menginap bagi Anda yang ingin melewatkan malam sebagai orang desa kekinian.

Walaupun suasananya sangat “desa”, tapi letaknya yang hanya sekitar 11 km dari Kota Bogor membuat Anda bisa tetap tampil kekinian dan bisa tetap eksis di sosmed. Fasilitas-fasilitas seperti air panas, café, dan toko souvenir juga tersedia di sini.

Kampoeng Wisata Cinangneng

Alamat: Jl. Babakan Kemang RT. 01/ 02, Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor
Cara ke Sana: Dari Kota Bogor ke arah Kampus IPB Darmaga. Setelah melewati Kampus IPB, carilah pertigaan di sebelah kiri jalan menuju Jalan Babangket dan teruskan perjalanan ke Kampoeng Wisata Cinangneng. Koordinat di sini.
Telepon: (0251) 862 1895
Jam Operasional: 08.00 – 17.00
Tiket Masuk: Paket wisata mulai dari Rp75.000,- (termasuk tour, tiket kolam renang, foto pakaian adat Sunda, dan makan siang)

 

20. Sebuah dunia yang dipersembahkan khusus untuk si kecil: Kidzoona Bogor

Inilah dunia milik pribadi si kecil. Tempat di mana orang dewasa tidak bisa berbuat apa-apa lagi selain menjaga si kecil bermain dengan asyiknya.

Dunia khusus anak pertama di sini adalah dunia seni peran. Di sini anak-anak Anda akan memasuki “dunia kerja. ” Berbagai macam pekerjaan dapat dicoba oleh anak-anak Anda, seperti berjualan sayur, makanan, pegawai kantor pos, koki, polisi, perawat, dan dokter. Bahkan seorang narapidana. Nah untuk yang terakhir ini jangan dicontoh di dunia yang asli ya.

Dunia berikutnya penuh dengan permainan seru dan lucu yang dijamin membuat si kecil betah berlama-lama. Di sini tersedia permainan seluncur, trek udara, mandi bola dan bola putar. Asyik kan?

Kidzoona juga membawa misi untuk mengajarkan anak-anak berkomunikasi, bersopan santun, dan toleransi. Terutama saat anak Anda berada di dunianya sendiri dan berkumpul dengan anak-anak lainnya, mereka belajar untuk berbagi dan peduli. Sharing is caring, benar?

Kidzoona Bogor

Alamat: Lippo Plaza Bogor, Lt. UG, Jalan Siliwangi No. 123, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Kota Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat
Telepon: (0251) 832 9190
Jam Operasional: 10.00 – 21.00
Tiket Masuk: Rp90.000,-/hari atau Rp60.000,-/jam (hari biasa) | Rp 150.000,-/hari atau Rp90.000,-/jam (akhir pekan dan hari besar).
Harga tiket untuk 1 anak-anak dan 1 orang dewasa. Setiap tambahan orang dewasa dikenakan biaya Rp30.000,-

 

Mengajak anak-anak liburan akhir pekan di mall? Itu sih udah nggak jaman lagi. Ayo segera ajak mereka ke Bogor dan berkunjung ke tempat-tempat menarik ini!

 

indonesia.tripcanvas.co

 

Show More

Related Articles

error: Content is protected !!
Close