Life Style

Angkot Bogor Yang Mendunia

Oleh Nasa

Saat ini Bogor selain terkenal dengan sebutan kota hujan, Bogor juga terkenal dengan keberadaan angkot atau angkutan kota yang jumlah nya sangat banyak. Angkot memudahkan kita menuju tempat tujuan kita, baik itu tempat kerjaan, tempat nongkrong, tempat tinggal pacar, gebetan maupun mertua hehehe. Namun tau kah kalian sejarah angkot itu sendiri dengan segala keunikan nya. Angkot muncul Tahun 1970an di Jakarta dikenal dengan nama mikrolet hingga saat ini (sumber Wikipedia). Angkot di hadirkan untuk menggantikan oplet yang kondisinya sudah using dan sering bermasalah. Sedangkan di Bogor sendiri sebelum angkot masuk ada angkutan yang dikenal dengan nama Bemo, kendaraan roda tiga yang bentuknya unik memang tidak sebesar angkot namun angkutan ini memiliki fungsi yang sama dengan angkot, menjadi armada kita menuju tempat tujuan. Bemo sendiri mulai menghilang dan digantikan angkot secara keseluruhan memasuki tahun milenia yakni tahun 2000an. Jika saat ini kalian menemukan Bemo akan terhitung jumlah nya yang sangat sedikit. Gw pribadi menggunkan Bemo sebagai armada mengantarkan gw ke sekolah di ceremai ujung dari terminal Baranangsiang. Juga dari terminal baranang siang menuju pasar Bogor, jalan roda, hingga sukamulya sekitar tahun 1990an hingga akhir tahun 1990. Semakin banyak nya angkot dan jalur tempuh yang menjangkau seluruh pelosok Bogor, perlahan namun pasti menghilangkan keberadaan bemo.

 

Bemo salah satu armada umum Bogor

Di Bogor sendiri angkot dikenal memiliki dua warna yang berbeda sesuai trayek/jalur yang ditempuhnya, yakni warna hijau dan biru. Jika kalian perhatikan kedua waarna tersebut memiliki pengelompokan jalur tempuh yang berbeda, angkot berwaarna hijau umumnya melayani jalur tempuh sekitar kota, sedangkan angkot berwarna biru umumnya melayani jalur tempuh sekitar kota dan kabupaten. Jika kalian baru memasuki kota Bogor, atau baru pindah ke kota Bogor, kalian tidak perlu khawatir menemui kesulitan untuk mencari angkot sesuai tujuan kalian. Karena berdasarkan pengamatan penulis angkot Bogor memiliki identitas jurusan yakni berupa no angkot dan jurusan yang tertera pada kaca muka angkot tersebut, bahkan tidak sedikit yang juga mencantumkan no angkot dan jurusan pada bagian belakang nya.

Angkot Bogor warna Hijau

Kemajuan teknologi saat ini menghadirkan berbagai macam inovasi dan perubahan, salah satu nya di jalur transportasi. Diciptakan nya transportasi umum berbasis aplikasi memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses sarana transportasi dimanapun mereka berada dan kemana pun tujuan mereka, bahkan ditunjang dengan tariff yang terjangkau. Hal tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi keberadaan angkot di kota Bogor. Saat ini menurut pengamatan gw pengguna jasa angkot kian menurun, dahulu yang sering gw liat kita memperebutkan angkot, sekarang justru sebaliknya angkot yang memperebutkan penumpang, ini menunjukkan bahwa keberadaan angkot kian tergantikan, akan kah nantinya angkot bernasib sama dengan Bemo?

 

 

Angkot Bogor warna Biru

Dibalik kontroversialnya angkot yang menjadi viral sebagai salah satu penyebab kemacetan dikarenakan menaikan dan menurunkan penumpang dimana saja, angkot masih kita butuhkan untuk menjadi armada pengantar kita ke tempat tujuan kita. Selain itu yang cukup mengagetkan dari gw, angkot sedikit diperbincang kan oleh rekan-rekan saya yang berasal dari luar negeri, dengan segala keunikannya. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang berkunjung ke kota Bogor ingin merasakan sensasi menaiki armada terkenal di kota Bogor tersebut. Beberapa ada yang ingin menaiki untuk kesekian kalinya, dan beberapa ada justru penasaran ingin menaiki nya untuk pertama kali nya. Beberapa group tour yang gw tangani bahkan lebih memilih menggunakan angkot ketimbang mobil pribadi untuk menyusuri kota Bogor. Selain harga nya yang murah juga keunikan nya.

Angkot di Bogor khususnya diprediksi masih akan menjadi armada umum kota Bogor dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun kedepan. Namun demikian, meski keberadaan angkot sudah hilang dan tergantikan dengan armada lain, angkot akan menjadi sejarah dan salah satu ikon kota Bogor. Meski anak cucu kita nantinya tidak akan merasakan keunikan dan keasyikan menaiki angkot, paling tidak mereka akan mengenal bahwa angkot pernah menjadi armada umum di kota Bogor.

Show More

Related Articles

Check Also

Close
error: Content is protected !!
Close