Sejarah

Asal Usul Nama Kampung Empang Bogor

Assalamualaikum lur, kita sering sekali mendengar nama kampung Empang Bogor yang terkenal dengan masyarakat berdarah arab, tak hanya itu disana terdapat juga makam salah satu habib kondang dan terkenal pada masanya yaitu Habib Abdullah Bin Mukhsin Alatas yang terletak di dekat Masjid An Nur atau masyarakat menyebutnya Masjid Empang.

Mungkin yang ada dibenak kita, kenapa disebut kampung Empang karena dahulu ada empang yang bersejarah. Namun siapa sangka julukan kampung Empang itu bermula sejak ratusan tahun lalu tepatnya pada saat Bupati Kampung Baru yaitu Demang Wiranata (berkuasa 1749-1758) membuat kolam ikan dihalaman pendopo sehingga orang – orang menyebutnya kampung Empang, padahal nama wilayahnya adalah Soekaati (Suka hati) yang merupakan pusat pemerintahan Kampung Baru dan cikal bakal nama Kabupaten Bogor.

Seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 1815 dibangunlah masjid yang megah oleh Habib Abdullah Bin Mukhsin Alatas yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Habib yang terkenal dengan nama Wali Qutub ini dipercaya sebagai cucu keturunan ke-36 Nabi Muhammad SAW. Kebanyakan warga Arab di sini merupakan keturunan Hadramaut, Yaman, seperti halnya Habib Abdullah Bin Mukhsin Alatas. Kampung ini disambangi banyak umat muslim untuk berziarah ke makam beliau atau pada saat pengajian rutin malam jum’at dan puncaknya pada perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW jama’ah membludak hingga ke jalan sekitar kampung Empang.

Pada masa kini, Empang telah menjadi kawasan yang super sibuk dengan keberadaan Bogor Trade Mall (BTM), Wisata The Jungle Water Park dan Rumah Sakit UMMI yang selalu ramai oleh aktivitas masyarakatnya. Sejumlah bangunan tua yang masih bisa dilihat di Empang antara lain, Masjid An Nur, Masjid Agung Empang, Makam Habib Abdullah bin Mukhsin Al Attas, bekas Rumah bupati Kampung Baru, Rumah Kapitan Arab, makam keluarga Dalem Shalawat, serta Bendungan Empang. Naik ke atas (Bondongan) ada makam Raden Saleh Sjarif Boestaman, maestro lukis di era kolonial.

Untuk lebih tepatnya, buat warga selain bogor yang ingin mengunjungi kampung Empang lebih tepatnya bisa cek pada maps berikut ini.

Semoga informasi ini bermanfaat buat dulur sabogor sadayana.

 

Tags
Show More
error: Content is protected !!
Close