Berita

Besaran UMK Kota dan Kabupaten Bogor 2019

Assalamualaikum dulur sabogor, berikut informasi Upah Minimum Kota dan Kabupaten Bogor pada tahun 2019 akan mengalami kenaikan, Sebanyak 27 kabupaten dan kota di Jabar mengalami kenaikan 8,03 % dari UMK tahun sebelumnya.

UMK Provinsi Jawa barat 2019 itu ditetapkan Gubernur Ridwan Kamil melalui Keputusan Gubernur Jawa Barat nomor 561/kep.1220-yanbangsos/2018 tentang Upah Minimum Kabupaten Kota di Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2019.

Berikut adalah daftar UMK  pada 27 Kota / Kabupaten di provinsi Jawa barat

Demikian informasi mengenai kenaikan UMP dan UMK Bogor 2019 atau yang dahulu kita sering disebut sebagai UMR Bogor.

Bagi para tenaga kerja memang tak asing dengan istilah UMR, UMK, dan UMP. Namun secara fungsional mereka belum mengetahui apa itu UMR, UMK, dan UMP dan apa perbedaannya. Bahkan, sebagian dari tenaga kerja menganggap ketiga istilah tersebut sama padahal sangat berbeda.

Lalu Apa ItuUMRUMK dan UMP?

UMR adalah Upah Minimum Regional yang merupakan suatu standar minimum yang digunakan oleh para pengusaha atau pelaku industri untuk memberikan upah kepada pegawai, karyawan, atau buruh di dalam lingkungan usaha atau kerjanya. Sebelum UMR dihilangkan, UMR diatur melalui Peraturan Menteri Tenaga Kerja No.05/Men/1989 tanggal 29 Mei 1989 tentang Upah Minimum.

Apa itu UMK? UMK adalah upah minimum kota atau kabupaten yang biasanya diberikan kepada pekerja. Biasanya UMK nilainya lebih besar dibandingkan dengan UMP. Lalu apa itu UMP, UMP adalah Upah Minimum Provinsi.

Dan Apa Itu UMP? UMP atau Upah Minimum Provinsi merupakan upah minimum yang berlaku untuk satu provinsi. Jika di dalam suatu kabupaten atau kita sudah memiliki ketentuan mengenai UMK yang jumlahnya harus lebih besar dari UMP maka yang berlaku adalah ketentuan mengenai UMK.

Apa Perbedaan UMR, UMP dan UMK?

Karena UMR telah dihapuskan maka perbedaan antara UMP dan UMK yaitu

Beda antara UMP dan UMK pada yang menetapkan. UMP ditetapkan oleh gubernur, sementara UMK juga ditetapkan oleh gubernur namun atas rekomendasi Dewan Pengupahan Provinsi dan rekomendasi bupati atau wali kota.

Bedanya lagi antara UMP dan UMK adalah pada pengumumannya yang dilakukan secara serentak oleh masing-masing gubernur pada setiap tanggal 1 November. Sementara UMK ditetapkan dan diumumkan oleh gubernur selambat-lambatnya tanggal 21 November setelah penetapan UMP. Nilai UMK juga lebih besar dari UMP. Makanya upah di beberapa kota di Indonesia lebih tinggi dibandingkan upah di ibu kota.

Bedanya lagi, upah yang diberikan pada UMP lebih rendah dibandingkan dengan UMK. Jadi jangan heran jika ternyata, penghasilan buruh di ibu kota Jakarta lebih rendah dibandingkan upah buruh di Karawang dan Bekasi.

Agar lebih mudah maka kami menampilkan perbedaan antara UMR, UMK dan UMP.

 Perbedaan UMK UMP UMR
Definisi Upah minimum kota /kabupaten Upah Minimum Provinsi Upah Minimum Regional
Ruang Lingkup Satu Kota/Kabupaten Satu Provinsi Satu Provinsi
Nilai Upah Berbeda antar Kota/Kabupaten Sama selama masih satu provinsi Sama selama masih satu provinsi

 Persamaan dari UMP dan UMK adalah

Sama-sama merupakan upah minimum yang didasarkan pada Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dengan memperhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi. Meskipun penetapan antara UMP dan UMK berbeda namun untuk ada persamaan antara UMP dan UMK pada waktu pelaksanaan yaitu pada tanggal 1 Januari.

 

UMK Bogor 2019 UMP Bogor 2019 UMP Jawa barat 2019 Upah Minimum Kota Bogor 2019 Upah Minumum Kabupaten Bogor 2019

Tags
Show More

Related Articles

error: Content is protected !!
Close