Tempat Makan

Doclang Pak Odik; Diminati Artis Hingga Pejabat

Foto : TripAdvisor

Bemula dari berjualan keliling tahun 1976 di daerah Pasir Kuda, Ciomas, Panarangan, dan Gunung Batu, juga mangkal di Kantor Kehutanan, Bogor, Doclang Pak Odik kini laris manis dikunjungi pengunjung.

Bapak yang mempunyai nama asli Shodiq, sudah tak lagi berkeliling menjual Doclang sejak menyewa sebuah kios di Jalan Pasir Kuda Ciomas tahun 1995, hingga saat ini.

Ismail, putra keenam dari Pak Odik, mengatakan bahwa omzetnya kini mencapai Rp 10 juta per bulan. Warung Doclang ini buka mulai pukul 7.00 pagi hingga pukul 14.00 WIB. Ismail juga mengaku bahwa mereka tidak memiliki karyawan, hanya berdua bersama saudaranya.

”Hari Senin sampai Jumat kami bisa menjual 150 porsi, sedangkan hari Sabtu sampai Minggu dan hari libur bisa menjual 300 porsi. Doclang sendiri dijual dengan harga Rp 10 ribu, sudah pakai telor ayam,” aku Ismail.

Doclang sendiri adalah makanan tradisional asal Bogor yang bertahan sejak lama. Terdiri atas irisan lontong, kentang, tahu, kerupuk, dan telur rebus. Berbagai bahan tersebut kemudian disiram bumbu kacang yang dicampur aneka macam rempah.

Foto :TripAdvisor

Mesti kadang warungnya sepi, tetapi Ismail mengaku banyak ramainya. Karena, pembeli banyak dari orang Bogor sendiri, maka penjualan stabil. Selain dari Bogor, pembeli juga banyak dari Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tanggerang.

Tak hanya itu, Warung Doclang Pak Odik ini pernah dikunjungi para artis dan pejabat. ”Seperti Nani Wijaya, Desy Ratnasari, Syahrul Gunawan, Vina Panduwinata, Mat Solar, Bondan Winarno, hingga pejabat, seperti Sujudi, M.S. Kaban, Bima Arya, dan Usmar Hariman,” ungkapnya.

Ismail juga memberikan resep pembuatan bumbu Doclang. Kacangnya disangrai, tidak pakai minyak. Kacang tanahnya pilih yang super, ukuran 8 mm. Kulit kacang dikupas dan bumbu lainnya, seperti bawang putih, cabe, dan lain-lain.

”Untuk bumbu tambahan pakai kacang mede agar wanginya enak. Bedanya, doclang pak Odik dengan doclang lainnya adalah lontongnya dibungkus oleh daun pisang dan ukurannya jumbo (1 liter beras). Rencana buka cabang lagi sih ada, yang penting tempatnya cocok.

Lokasi

Heibogor

Show More

Related Articles

Check Also

Close
error: Content is protected !!
Close