Tempat Makan

Dodongkal, makanan khas bogor yang melegenda

instagramnya @mia.sabri

Anda penggemar kuliner, makanan khas Bogor yang satu ini patut dicoba dan jangan sampai Anda lewatkan.
Dodongkal namanya, meski sudah jarang yang berjualan tapi makanan ini tak pernah sepi diburu para pecinta kuliner Bogor.

Dodongkal hanya bisa ditemui di Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat. Kue ini mirip dengan Kue Putu. Rasanya yang manis mencerminkan cita rasa khas orang Pasundan. Bila disuguhkan dengan segelas kopi, Dodongkl dapat membuat pagi anda bersemangat. Kue ini cocok dimakan diwaktu pagi atau saat sarapan, sampai menunggu waktunya makan siang.

Kue khas Sunda ini terbuat dari tepung beras yang disisipi gula merah didalamnya. Semakin menggoda selara saat taburan serutan kelapa diatasnya. Kues ini dikukus dengan balutan daun pisang.

Namun, sayangnya penganan khas Sunda ini bagai terlupakan. Banyak masyarakat tidak mengetahui jenis makanan yang sudah jarang ditemui di Bogor dan Sukabumi ini. “Memang sudah jarang dijual, karena orang-orang memang pada gak tau ada makanan ini,” kata Dwi Sunarya (36), salah seorang pedagang Dodongkal saat berbincang dengan infonitas.com, di Kota Bogor.

Para pelancong yang datang ke Bogor sangat sulit menemui makanan yang mulai tergerus dengan fast food ini. Para pembaca, bisa mendapatkan makanan ini disekitar wilayah Empang, Bogor Selatan. Penjualnya berderet rapih, para pendatang bisa langsung merapatkan kendaraanya ke bilangan Dramaga, Bogor. Atau tepatnya tak jauh dari Universitas Pertanian Bogor (IPB). “Karena biasa dibuat sarapan, paling saya buka sampai jam 10 pagi,” ujar Dwi.

Sementara itu, salah seorang pembeli Dodongkal mengatakan, untuk lidah orang Sunda makanan ini sangat cocok. “Manisnya enak, pas deh sama lidah saya orang sunda,” kata Fazillah Khairunisa (25) warga asal Tanggerang, yang sengaja berkunjung hanya untuk menikmati seporsi Dodongkal bersama kekasihnya. (bdn/ifn)
%

Show More

Related Articles

Check Also

Close
error: Content is protected !!
Close