BeritaLife Style

JUM’AT DAN SURAH AL KAHFI

Oleh Nasa

Assalamu’alaikum Dulur

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas anugerah dan rahmat Nya kita masih bisa berkarya, shalawat beserta salam kita panjatkan teruntuki Nabi kita, Nabi Muhamad SAW. Juga untuk keluarga nya, sahabat-sahabatnya, juga para pengikutnya yang setia mengamalkan ilmu darinya.

Dulur sadayana, pada saat ane buka sosmed pagi ini ane terperanjak dengan postingan rekan yang memposting salah satu hadis riwayat AN Nasa’I dan Baihaqi yang artinya “Barangiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya diantara dua Jum’at”. Sebelumnya ane pernah dengar keutamaan membaca surah Al Kahfi dari kakak, hanya saat itu ane masih belum mencerna karena tidak ada hadits yang menguatkan yang disebutkan kakak. Nah pagi ini pada saat saya baca postingan rekan tentang hadits yang menerangkan keutamaan membaca surah Al kahfi di hari Jum’at, ane makin semangat untuk mentadaburi surah Al kahfi untuk lebih memaknai keutamaan nya di baca di hari Jum’at.

Sesungguhnya semua firman Allah yang disampaikan melalui Rasul dan disampaikan kepada kita sekarang melalui kitab suci Alqur’an memiliki keutamaan yang luar biasa sebagai penuntun kita.namun pada kesempatan kali ini ane akan mencoba mentadaburi surah Al-KAhfi yang memiliki keutamaan dibaca di hari Jum’at sesuai hadits yang ane tulis diatas.

Surah Al-Kahfi yang memiliki arti para penghuni gua, merupakan surah ke 18, dengan jumlah ayat 110 ayat, dengan juz 15-16, dan tergolong surah Makkiyah. Berdasarkan dari terjemahan yang ane baca, asbabun nuzul surah ini diturunkan sebagai riwayat dari kisah pemuda-pemuda yang berlindung dalam gua selama kurun waktu yang cukup lama, dengan kuasa Allah, mereka tertidur dan dibangunkan diwaktu yang tepat. Seperti arti dari ayat 10-12 berikut

Ayat 10 “ (ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoaa: “wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).

Ayat 11 “Maka kami tutup telinga mereka beberapa tahun dalam gua itu

Ayat 12 “kemudian kami bangunkan mereka, agar kami mengetahui manakah diantara kedua golongan itu yang lebih tepat  dalam menghitung beberapa lamanya mereka tinggal (dalam gua itu).

Sedangkan di ayat berikut nya, yakni di ayat 17 menerangkan bahwa :

“ Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka kesebelah kanan, dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu, itu dalah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk, dan barangsiapa yang disesatkan Nya, maka kamu tak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya.”

Dalam ayat tersebut diterangkan bahwa kekuasaan Allah menerangi gua yang gelap pada saat matahari terbit, sehingga meski tertutup dan gelap nya gua, cahaya matahari bisa masuk saat terbit dan menerangi gua itu, menerangi pemuda-pemuda yang berlindung di dalam gua tersebut.

Sedangkan hari Jum’at memiliki keistimewaan dikarenakan peristiwa-peristiwa besar terjadi di hari jum’at, bahkan janji Allah melalui firman Nya, peristiwa besar yang akan datang yakni kiamat, akan terjadi di hari Jum’at, dan hanya orang-orang yang beriman lah yang akan senantiasa mendapatkan petunjuk dan perlindungan dari Nya.

Dulur sabogor sadayana, janji Allah tidak akan pernah ingkar melalui firman nya dan diriwayatkan melalui hadis di sampaikan jelas untuk kita menjadi petunjuk dan penuntun kita di dunia. Bacalah Al-qu’an dan pelajari lah untuk dijadikan petunjuk dan kenuntun kita menuju surga Nya.

Perlu disampaikan bahwa ane menyampaikan apa yang bisa ane sampaikan, dan ane menyadari bahwa masih banyak kekurangan. Jika terdapat kekurangan mohon koreksinya, jika ada yang kurang mohon di tambahkan sebagai koreksian dari apa yang ane sampaikan kali ini, sehingga selanjutnya ane bisa menyampaikan yang lebih baik. Satu hal yang pasti ane tekankan dari diri ane ‘sampaikan lah walau hanya satu ayat’. Moga apa yang ane sampaikan berguna bagi ane pribadi dan umumnya bagi kita semua. Jazzakumullah khairan katsira

 

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Tags
Show More

Related Articles

Close