Life Style

Kamu Tidak Pernah Berjalan Sendirian

Baca judulnya diatas nyeremin ya hehehe, tapi tenang aja rekan-rekan tulisan saya ini bukan mengenai hal-hal mistis atau klenik, melainkan tentang motivasi buat rekan-rekan yang selalu merasa dirinya sendiri di dunia ini, jangan pernah berfikiran bahwa kalian sendiri meski diasingkan, dikucilkan, atau bahkan didiskriminasi oleh pihak dan orang-orang sekitar, buka mata kalian baca tulisan saya ini, dan kemarilah i am on your side.

Seringkali saya melihat update social media follower atau yang saya follow yang mengeluhkan tentang kesendirian, atau tidak ada yang mau mengerti, bahkan menyalahkan teman-teman yang ada pada saat butuhnya saja, pada saat dibutuhkan tidak ada. Sebagian mungkin ada benarnya, namun alangkah lebih baik kalau kita mengesampingkan pemikiran negatif terhadap sesuatu atau orang lain, berfikiran positif terhadap sesuatu dan orang lain akan lebih membantu kita tidak menambah beban fikiran, kita akan lebih mudah untuk mengatur rencana dan langkah yang akan kita ambil dari masalah yang tengah kita hadapi.

 

Kita diciptakan luar biasa sempurna di dunia ini, bahkan kita adalah mahluk sempurna yang diciptakan Tuhan dimuka bumi ini, terlepas dari kekurangan fisik yang kita miliki, namun sesungguhnya kita tetap merupakan mahluk sempurna. Kita di bekali akal dan fikiran untuk kita pergunakan sebaik-baiknya di dunia, jadi jangan berusaha menyia-nyiakan apa yang telah Tuhan berikan untuk kita. Dengan kita mengeluh pada saat kita menghadapi cobaan dan masalah, secara tidak langsung kita melupakan apa yang kita miliki yang diberikan Tuhan untuk kita. Berhenti mengeluh, pergunakan akal dan fikiran kita untuk mencari pemecahan dan penyelesaian masalah yang kita hadapi, yakinlah kita pasti bisa. Ada ataupun tiada teman atau rekan yang membantu kita dikala menghadapi suatu masalah, sesungguhnya kita pasti bisa menghadapi dana menyelesaikan nya dengan baik.

Perlu kita sadari pada saat kita menghadapi suatu masalah, seberat apapun masalah yang kita hadapi kita pasti bisa menghadapi dan menyelesaikan nya. Dibelahan wilayah lain atau bahkan di lingkungan lain bisa jadi ada orang lain yanag menghadapi masalah yang dirasakan lebih berat daripada masalah yang kita hadapi. Daripada kita focus kepada keberadaan teman atau orang lain, alangkah lebih baik kita focus kepada penyelesaian dan pemecahan masalah. Dengan kita lebih focus, kita akan lebih mudah menemukan solusi dan pemecahan masalah nya.

Menurut pengalaman saya, sharing atau cerita tentang masalah kita kepada orang yang kita percaya akan membantu meredakan fikiran dan emosi yang ada saat itu. Jika kalian memiliki tempat untuk cerita, cerita lah setidak nya itu akan membantu  kalian untuk sedikit lega dan fikiran sedikit tenang, sehingga pemecahan dan solusi nya bisa dengan mudah difikirkan, mungkin juga justru tempat curhat itu bisa membantu memberikan solusi untuk permasalahan kalian. Untuk rekan-rekan yang ekstrovert mungkin akan lebih mudah untuk menyampaikan curahan hati nya, hanya perlu diperhatikan kepada siapa kalian mencurahkan hati kalian, jangan sampai menyampaikan kepada orang yang tidak tepat yang justru menimbulkan masalah baru, cari lah teman yang minimal dapat dipercaya dan menjadi pendengar yang baik.

Sedangkan untuk rekan-rekan introvert, akan memiliki sedikit kesulitan untuk menyampaikan keluh kesah nya, yang biasa nya cenderung dipendam sendiri. Namun demikian, usahakan lah jangan kalian pendam sendiri, karena yang dikhawatirkan adalah kalian justru akan mengambil langkah sendiri yang justru akan lebih merugikan kalian sendiri. Jika kalian tidak bisa menyampaikan keluh kesah kalian secara langsung kepada orang lain, kalian bisa menyalurkan nya melalui media lain, bisa berupa tulisan, lukisan, music, atau karya lain yang kalian bisa, selain bisa menyalurkan emosi kalian, media tersebut bisa mengembangkan kreatifitas kalian, kalian pun bisa berprestasi melalui media tersebut. Satu hal yang pasti jangan pernah berusaha mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan permasalahan kalian.

Manusia diciptakan sebagai mahluk sosial, yang membutuhkan orang lain. Meski sebagian besar dari kita berusaha untuk tidak bergantung terhadap orang lain, namun di satu kondisi kita akan membutuhkan bantuan orang lain, baik itu hal yang besar, maupun hal yang kecil.  Jika kalian merasa tidak mampu, berhenti sejenak buat diri kalian nyaman jangan dipaksakan, istirahat sejenak, kemudian coba lagi disaat kondisi kalian rileks, tidak tertekan. Satu hal yang pasti semua masalah ada solusinya, ada penyelesaian nya, dan kita tidak akan di beri masalah atau cobaan melebihi batas kemampuan kita. Terus berusaha, berdoa, dan berkarya.

 

Karya : Karunk Nasa

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close