Life Style

KOPI LIONG KHAS BOGOR RIWAYATMU KINI

Oleh Nasa

Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari manusia dewasa hamper diseluruh penjuru dunia. Minuman yang berasal dari biji kopi atau dalam bahasa latin Cofea robusta ini bisa diolah menjadi berbagai macam varian. Namun demikian, kopi hitam atau dikenal juga Americano masih banyak penggemarnya. Kpi juga sering dijadikan minuman wajib untuk sarapan, bahkan sebagian orang hanya minum kopi untuk sarapan. Berbagai gerai kopi makin berjamur baik yang modern maupun yang tradisional. Meskipun gerai kopi modern makin berjamur, namun warung kopi tradisional tidak pernah di tinggal kan.

Indonesia masih menduduki 5 besar Negara penghasil kopi terbesar didunia, sedangkan posisi pertama masih dipegang brazil sebagai Negara penghasil kopi terbesar didunia. Di Indonesia sendiri kopi ada banyak macam nya, tiap daerah bahkan memiliki kopi dengan khas nya masing-masing, sebut saja kopi Aceh yang terkenal enak nya, juga ada kopi toraja yang tidak kalah enak nya. Selain dari itu di Bogor pun ada satu kopi yang terkenal enak nya yakni kopi Liong, minuman favorit masyarakat Bogor, baik untuk sarapan, jamuan tamu, bahkan sebagai minuman menemani dingin nya malam.namun dengan banyak nya jenis kopi dan gerai kopi modern yang dibuka di Bogor, bagaimana kabarnya kopi liong kini?

Kopi Liong Bulan yang merupakan kopi khas Bogor diproduksi sejak ttahun 1945, oleh keluarga keturunan Tiong hoa, sedang untuk tempat produksi nya sendiri diketahui berada antara di sukasari dan di merdeka. Seiring berjalan nya waktu, dengan kekhasan nya kopi ini menjadi primadona di kota Bogor, karena mudah di jumpai di warung kopi-warung kopi tradisional di kota Bogor, dan menjadi pilihan utama penikmat kopi di Bogor. Untuk jenisnya sendiri kopi Liong bulan terdiri dari kopi hitam tanpa gula, dan kopi hitam plus gula. Dan untuk penyajian nya sendiri cukup mudah, hanya dengan menuangkan di dalam cangkir atau gelas diseduh dengan air panas, diaduk dan kopi ling bulan pun siap di nikmati. Untuk harga sendiri cukup terjangkau dahulu dipasarkan mulai dari Rp 500,- hingga Rp 700,- perb ungkusnya untuk penyajian 2 hingga 3 gelas. Dengan harga yang terjangkau semua lapisan masyarakat dapat menikmati kopi khas Bogor ini. Namun demikian, kopi Liong bulan tidak mengesamoingkan kualitas dan rasa, kualitas dan rasa khasnya dapat bersanding dengan kop khas daerah lain, bahkan Negara lain.

Makin banyak nya jenis kopi yang masuk kota Bogor, keberadaan kopi Liong bulan tidak tergantikan. Meski dari kemasan tidak mengalami perubahan, dan rasa serta kehasan nya meninggalkan kesan yang melekat di lidah masyarakat Bogor pada umumnya, membuat kopi khas Bogor ini kian dirindukan masyarakat Bogor dimanapun mereka berada. Hingga saat ini kita masih dapat menjumpai kopi liong bulan disajikan di warung kopi-warung kopi di kota Bogor. Dan jika kita ingin menyajikan nya dirumah, kita masih bisa menemukan kopi Liong bulan di pasar-pasar tradisional. Namun jangan mengharapkan kalian bisa menemukan sajian kopi liong di gerai kopi modern, karena  secara brand dan bisnis tidak dapat dipasarkan di temppat tersebut.

Bagi kalian yang sering menikmati kopi di gerai kopi modern, ada baiknya kalian juga mencoba kopi khas Bogor ini, karena selain rasa dan aroma nya yang tidak kalah di banding kopi di gerai, kalian juga dapat melestarikan kehkhasan kota tercinta. Juga buat kalian yang masih kuliah tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk menikmati tidak hanya secangkir bahkan hingga tiga cangkir, harga kopi khas Bogor ini teramat sangat terjangkau. Well dulur saBogor, mari kita lestarikan kehkasan kota kita dengan baik, supaya bisa dinikmati hingga anak cucu kita

Srupuuuut!!!!

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close