Tempat Wisata

Wisata Edukatif ke Penangkaran Rusa Cariu

Ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana edukasi bagi putra-putri tercinta. Salah satunya adalah dengan mengunjungi tempat penangkaran. Jadi, sambil berekreasi, Anda tetap dapat memberikan pelajaran berharga. Akhir pekan nanti ajaklah buah hati Anda ke Wahana Wisata Penangkaran Rusa (WWPR) di Cariu. Tempat konservasi yang kerap disebut dengan nama Penangkaran Rusa Cariu itu berada di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Cariu, Bogor.

Suasana hijau sudah menyambut sebelum wisatawan sampai area WWPR. Sepanjang jalan menuju penangkaran dihiasi hutan yang teduh. Daerah tersebut juga kerap dijadikan lokasi kemah. Suasana alam semakin terasa dengan adanya suara gemericik air dari Sungai Cibeet yang melintas di area konservasi.  Setelah melewati jembatan gantung di atas sungai, barulah wisatawan sampai di kandang rusa. Dalam kandang seluas dua hektar terdapat sekitar 70 ekor rusa. Pengelola sengaja menjaga jumlah populasi hewan agar tetap ideal dengan luas kandang yang mencapai dua hektar.

ORusa di Wahana Wisata Penangkaran Rusa Cariu terbagi atas tiga spesies. Spesies terbesar tercatat sebagai rusa tutul (Axis axis). Rusa jenis ini memiliki berat antara 27-45 kilogram. Ciri khasnya adalah tutul berwarna putih pada bulu dominan yang berwarna cokelat kemerahan. Rusa itu juga memiliki ekor yang pendek. Selain hidup di Indonesia, rusa tutul juga ditemukan di kawasan Asia Selatan seperti India, Bangladesh, Nepal, juga Sri Lanka. Konon, rusa spesies tersebut didatangkan ke tanah air atas prakarsa Sir Thomas Stamford Raffles.

Spesies kedua yang dapat ditemui di Penangkaran Rusa Cariu adalah jenis rusa Jawa. Hewan dengan nama ilmiah Cervus timorensis russa ini memiliki bulu berwarna cokelat serta putih (bagian perut dan ekor). Dibandingkan rusa tutul, rusa Jawa memiliki bobot yang lebih besar yaitu antara 103-155 kilogram. Ciri umum lain adalah adanya tanduk bercabang pada rusa jantan. Spesies tersebut menyebar hampir di seluruh Nusantara mulai dari Pulau Sumatera, Kalimantan, serta Irian Jaya.

32 wahana wisata penangkaran rusa cariuPenangkaran Rusa Cariu juga merupakan tempat hidup rusa Bawean yang hampir punah. Spesies bernama ilmiah Axis kuhlii itu merupakan hewan endemik asli Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Rusa tersebut memiliki bobot tubuh 50-60 kilogram. Berbeda dengan sepses rusa lain, rusa yang tanduknya berukuran 24-47 sentimeter itu merupakan hewan nokturnal yang aktif mencari makan pada malam hari.

Bila ingin berkunjung ke WWPR alias Penangkaran Rusa Cariu, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jakarta ikuti Jalan Tol Jagorawi dan keluar di Jalan Alternatif Cibubur-Cileungsi. Ikuti jalan tersebut hingga sampai Jalan Cileungsi-Jonggol. Kemudiakan kendaraan Anda hingga sampai Jalan Raya Jonggol diteruskan ke Jalan Raya Jonggo-Cariu untuk sampai penangkaran rusa yang dituju.

Foto: TripAdvisor

Selain Penangkaran Rusa Cariu, Anda bisa mengajak anak-anak tercinta berwisata edukatif ke beberapa tempat rekreasi lain di Bogor misalnya Eco Art Park yang terletak bersebelahan dengan Pasar Ah Poong. Jungleland Adventure juga dapat dijadikan destinasi liburan menyenagkan untuk seluruh anggota keluarga.

 

panduanwisata.id

Show More

Related Articles

error: Content is protected !!
Close