Tempat Wisata

Wisata Kampung Budaya Sindangbarang, Kampung Tertua di Bogor

Wisata Kampung Budaya Sindangbarang terletak Bogor dengan Alamat atau lokasi Kampung di budaya sindangbarang ini lebih tetapnya di desa pasir eurih Kecamatan. Tamansari, kabupaten.Bogor,  Jawa Barat, Indonesia. Jaraknya hanya sekitar 5 km dari kota Bogor. Dilihat di sebuah Kampung yang yang telah lama ada di Wilayah kota serta kab. Bogor, didasari dari sumber asal naskah Pantun di Bogor dan Babad Pajajaran.

Kalau menurut sumber Pantun Bogor telah diperkirakan Sindangbarang sudah ada saat jaman Kerajaan Sunda sekitar hidup pada abad ke XII. Disinilah sejak dahulu terdapat sebuah satu kerajaan Bawahan yang bernama Sindangbarang serta Ibukotanya bernama Kutabarang.Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor Jawa Barat

Menurut dalam cerita rakyat, dahulunya disini telah menjadi tempat yang digemblengnya untuk para satria-satria milik kerajaan. Disini adalah awal mula asal kebudayaan Sunda Bogor yang sudah bertahan hingga saat ini yang telah diwujudkan pada Upacara Adat Seren Taun.

Di Kampung budaya Sindangbarang ada terdapat 8 jenis kesenian Sunda yang telah direvitalisasi serta dilestarikan para penduduk disana. Disini juga akan terdapat berbagai situs purbakala oleh peninggalan kerajaan Pajajaran yaitu berupa Bukit-bukit berundak.

Dan Di sindangbarang ini di setiap satu tahun sekali akan diselenggarkan sebuah upacara khusus Seren Taun merupakan upacara ungkapan atas puji syukur masyarakat yang ada di desa ini padaTuhan Yang Maha Esa. Ini karena hasil Panen dan hasil bumi yang telah diperoleh untuk tahun ini serta juga berharap agar bisa hasil panen untuk tahun depan lebih menjadi baik lagi.

Kelestarian Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor Jawa Barat

Untuk tetap menjaga serta melestarikan budaya tradisional yang ada pada kampung budaya itu, maka telah diselenggarakan  pelatihan tari serta gamelan yang khsus ditujukan untuk para muda mudi secara gratis. Muda mudi ini yang sudah mahir di bidangnya masing-masing akan ikut sertakan pada sebuah pementasan guna menyambut tamu, tentunya juga lebih menambah penghasilan berguna untuk diri mereka sendiri.

Pelestarian Kampung Budaya Sindangbarang

Guna melestarikan benda-benda prasejarah serta situs-situs purbakala dan lainnya, kampung budaya ini telah berkja sama bersama FIB UI untuk melakukan penelitian, sebuah dokumentasi serta melaksanakan seminar yang berkaitan dengan situs zaman dulu dari kerajaan Pajajaran kuno. Cerita rakyat mengenai Sindangbarang itu juga sudah dilakukan uji coba. Kemudian dibukukan seorang diri oleh teman-teman FIB UI.

Saat ini rumah-rumah budaya beserta tradisi budaya telah ada di Kampung Budaya Sindangbarangini telah direkontruksi dan direvitalisasi bersama bimbingan dan juga arahan dari Bapak Anis Djatisunda adalah seorang Sesepuh Sindangbarang serta Budayawan dari Jawa Barat itu. Revitalisasi budaya serta perumahan adat tersebut memang sangat perlu untuk dilakukan agar orang sunda tidak terlupakan jatidirinya.

Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor Jawa Barat

Tinggal bersama dengan kokolot merupakan salah satu dari kebanggan yang dimiliki kampung adat Sindangbarang. Karena ini adalah sebuah kampung budaya. Jadi para tamu yang melancong juga akan merasakan kenangan kehidupan perkampungan sehari-hari. Untuk tamu juga akan hidup bersama dengan kokolot serta seniman yang tinggal di kampung adat.

Tamu yang akan datang berkunjung dan akan menemui suasana untuk para ibu-ibu yang sedang menumbug padi pada saung lisung. Memasak yang masihlah menggunakan kayu bakar serta Hawu atau sebuah kompor tradisional sunda. Dengan melihat para petani sibuk sedang bercocok tanam disawah, belajar kesenian tradisional serta lain sebagainya.

Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor Jawa Barat

Kegiatan Wisata Budaya yang sudah diselenggarakan dalam Kampung Budaya Sindangbarang merupakan murni dilakukan dari para kokolot berasal dari Kampung Budaya. Pada rangka mencari biaya guna pemeliharaan rumah-rumah budaya yang telah dibangun dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat serta Pemkab Bogor  tidak dipergunakan lagi untuk tujuan komersil.

Adapun dana yang terkumpul dari hasil kunjungan wisatawan dipergunakan :

  1. Operasional Kampung Budaya, mengganti ongkos para pengurus, listrik, pelatihan, Perbaikan ,bangunan, Mendata Situs purbakala.
  2. Melakukan Revitalisasi kesenian tradisional Sunda. Seperti Parebut Se’eng, Seni Gondang, Kendang Pencak, Angklung gubrag, Rampak Gendang, Jaipong.
  3. Untuk Pagelaran Seni Tradisi Adu jaten Parebut, Lomba Tutunggulan , Seminar Budaya serta juga dalam Kegiatan Upacara budaya Seren Taun.

Dengan berkunjung ke Kampung Budaya Sindangbarang ini berarti Anda telah membantu untuk memperpanjang usia bangunan-bangunan budaya di Kampung Budaya itu. Serta ikut melestarikan kesenian tradisional Sunda.

 

lihat.co.id

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close