Tempat Wisata

Wisata Kuliner yang Unik Pasar Ah Poong Sentul

Satu lagi tujuan wisata kuliner unik hadir telah di wilayah Sentul, Bogor dan telah berhasil merebut hati pecinta kuliner untuk rela datang dari jauh ke tempat yang satu ini.

Pasar Ah Poong (di baca: Pasar Apung) adalah sebuah restoran dengan konsep terbuka yang menggabungkan keindahan pemandangan Sungai Cikeas dan beragam menu lezat hasil rekomendasi pakar kuliner Bondan Winarno bersama jaringan Food Court Eat & Eat yang telah terkenal di Jakarta.

Pasar Ah Poong yang berlokasi di Sentul City ini dapat diakses melalui 2 buah jembatan gantung di sisi kanan kirinya,  yaitu dari arah seberang Mesjid Andalusia atau dari arah Taman Energi di Eco Art Park (biasanya pengunjung memlilih untuk masuk ke Ah Poong dari arah Eco Art Park).  Melalui kedua buah jembatan gantung ini pastinya  akan menambah pengalaman unik bagi anak-anak karena jembatan seperti ini jarang bisa ditemukan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Walaupun namanya Pasar Ah Poong (Pasar Apung) pengunjung disini tidak akan berbelanja makanan langsung pada perahu-perahu yang terapung di sungai, namun  tetap membeli di kedai-kedai makanan seperti di food court pada umumnya. 

Ahpoong Sentul City ini buka setiap hari lho..dari hari Senin sampai Jumat jam 10.00-22.00 wib dan Sabtu, Minggu & Hari Libur Nasional jam 07.00-22.00 wib. Karena buka sejak pagi , Pasar Ah Poong dan Eco Art Park ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi jalan-jalan pagi yang dilanjutkan dengan isi perut alias sarapan usai olahraga.

Menu makanan area A: tahu pong,snow ice, sate padang, soto madura, es durian, soto mie, cakwe, serabi, bakso aheng, kwetiau akang, bakmi kepiting, siomay bandung, bakso malang, martabak telur dan mie jowo

Minuman yg ada di area A: ahpoong yaitu the tarik malaka dan ronde

Menu makanan di area B: ada nasi campur bali, gudeg dewa, bebek goreng, gado gado, nasi timbel, pempek, chicken rice, nasi bakar dan nasi langi

Menu makanan minuman ahpoong Extension: ada calais Bubble Tea, ice cream gentong, mie aceh, rujak ulek, peyeum pasir sagita, pisang goreng sambal dan laksa

Sistem pembayaran di Pasar Ah Poong adalah dengan menggunakan kartu deposit- debit khusus Ah Poong dari  Eat & Eat, sehingga kartu Eat & Eat yang digunakan di Pasar Ah Poong ini tidak dapat dipakai di cabang-cabang East & Eat lainnya karena ada tanda ‘Ah Poong’ pada kartu bayar. 

Selain menawarkan beragam kuliner nusantara, para pengunjung juga bisa merasakan pengalaman unik menaiki perahu sampan yang terbuat dari kayu secara GRATIS, walaupun terkadang harus sedikit antri.

Perahu akan mengitari sungai, sehingga penumpang dapat menikmati keindahan di sekitar pasar Ah Poong  dan penumpang pun dapat membeli sayur dan buah-buahan yang dijual oleh kapal kayu lainnya.

Meskipun naik perahu ini gratis, tapi tidak ada salahnya kita memberi uang lelah (tip) ke pengayuh perahu yang kita naiki (sambil bersedekah).

Tips ke Pasar Ah Poong: 

  1. Usahakan datang bukan pada jam makan siang (terutama saat weekend atau hari libur nasional) , selain  suasana sangat padat, mencari tempat parkir mobil pun akan sama sulitnya dengan mencari tempat untuk duduk di Pasar Ah Poong.
  2. Bila tidak bersama supir,  parkir mobil di area parkir di Mal Belanova yang tak jauh dari pintu tol bisa menjadi pilihan bijak. Dari mal ini, ada akses langsung ke Ah-Poong sembari menyusuri Ecoartpark. Perjalanan yang cukup memakan waktu tetapi menyenangkan dijamin bakal menambah semangat bersantap lahap.
  3. Konsep Pasar Ah Poong ini adalah food court dengan udara terbuka sehingga lumayan membuat keringetan bila matahari sedang panas-panasnya di siang hari. Sebagai alternatif, kita juga bisa datang pada sore atau malam hari. Suasana Pasar Ah Poong pada sore menjelang malam hari juga sangat indah ditambah dengan suara gemericik air Sungai Cikeas. Namun tentu saja bila datang malam hari, kita tidak bisa sekaligus berwisata ke Eco Art Park karena gelap.
  4. Walaupun menawarkan ratusan jenis menu namun ada beberapa  yang selalu menjadi favorit pengunjung di Pasar Ah Poong ini , di antaranya: Nasi Goreng Guan Tjo dari Bogor, Tahu Lym dari Kediri, Gado-gado Cipete dan Snow Ice Singapore.
  5. Saat membeli kartu isi ulang , lebih baik isi dengan jumlah uang agak banyak agar tidak harus bolak balik antri lagi. Seperti di gerai-gerai Eat & Eat di Jakarta,  untuk stand makanan berat kita bisa langsung pesan  dan bayar dengan mendebit kartu Eat&Eat khusus dari Ah Poong.
  6. Sedangkan untuk stand makanan kecil (snack) kita harus pesan dan bayar dulu ke counter tempat kita membuat kartu, setelah itu kasir akan memberi  struk sebagai bukti kalau kita sudah membayar snack tersebut, baru balik lagi ke stand snack-nya (agak ribet).
  7. Harap maklum bila kita sedang menyantap makanan, seperti ada orang yang “mengantri” kursi yang sedang kita duduki  dengan berdiri tepat di samping meja/kursi kita (terutama jam-jam makan siang, weekend/hari libur). Kapasitas tempat duduk di Ah Poong dapat menampung lebih dari 150 orang, hanya saja saat ini belum tersedia sistem pemesanan tempat di awal. Dengan datang sedikit lebih awal diharapkan akan mendapat tempat duduk yang diharapkan.
  8. Bila datang saat hari masih terang, sebelum atau setelah makan di Ah Poong, jangan lupa ajak anak-anak bermain di Eco Art Park yang berlokasi di samping Pasar Ah Poong. Disana kita bisa berjalan-jalan di Taman Patung, Taman Energi, Taman Bambu dan beberapa taman lainnya yang sedang dalam tahap pembangunan.


Cara menuju ke Pasar Ah Poong Sentul City: 

  • Ah Poong Sentul City dapat anda capai dengan mudah melalui exit di Sentul Selatan pada KM 37 Tol JAGORAWI. Jika anda datang dari arah Jakarta, maka anda keluar melalui Exit Tol Sentul Selatan 1. Jika anda datang dari arah Bogor, maka anda keluar melalui Exit Sentul Selatan 2.
  • Setelah lepas dari gerbang tiket, anda akan segera menemui Bellanova Country Mall dan Kantor Pemasaran Sentul City; Ah Poong Sentul City berada persis di belakang mall tersebut.
  • Setelah melewati Bellanova Country Mall dan Kantor Pemasaran Sentul City, anda akan menemui bundaran dengan baligo dan spanduk penunjuk arah menuju Ah Poong Pasar Apung Sentul City.
  • Anda akan segera bertemu komplek STIE Takzia dan Masjid Andalusia jika berbelok ke kanan, dan segera memasuki area parkir Ah Poong Pasar Apung Sentul City.

Liburan anak

Show More

Related Articles

error: Content is protected !!
Close